Lingkaran Setan

Begitulah saya menyebutnya. Sebuah keadaan dimana saya (bahkan mungkin setiap orang) terjerembab dalam keadaan, situasi, atau faktor-faktor yang mempengaruhi diri ini untuk sulit beranjak dari keadaan yang tak/kurang baik. Ada yang mengartikan lingkaran setan sebagai lingkungan-lingkungan yang memberikan pengaruh buruk. Ada juga yang mengartikannya sebagai lingkungan-lingkungan yang membuat sulit beranjak dari zona nyaman. Intinya, mungkin bisa disimpulkan sebagai variabel-variabel yang mengganggu produktifitas.

Rupanya bukan hanya di dunia nyata saja. Kenyataannya di jejaring sosial pun saya mengalaminya, terutama di Fb. Ada tarikan-tarikan tersendiri yang memenyita perhatian saat saya mengikuti forum-forum tertentu. Entah itu yang di-invite maupun yang saya ikuti karena keinginan sendiri. Namun pada akhirnya sebagai seseorang yang tengah menjalani kehidupan, ada saat-saat di mana perlu lebih fokus pada beberapa hal yang menjadi pilihan hidup. Sehingga jadi lebih penting untuk memilah faktor-faktor yang dapat mempengaruhi performa saya. Lalu, mengesampingkan faktor-faktor yang tampaknya bisa mengganggu kefokusan. Dalam hal ini, mungkin sudah saatnya untuk mundur dari forum-forum yang bukan 'dunia' saya lagi. Dan tentunya move on dari forum-forum yang meng-invite di luar keinginan saya. Yang sudah bukan 'dunia' saya lagi: mungkin FLP (karena sudah jelas-jelas saya tak lagi aktif Kamisan sejak 2005, dan teman sejawat saya di FLP sudah tak lagi aktif di sana seperti: Adew, Veejay, Lian, Kang Topik, Teh Mia, Teh Gigi), dan UKDM (karena sudah terlalu jelas saya bukan alumni LDK, lagian saya juga bukan ADK). Sedangkan yang meng-invite di luar keinginan: ada aja entah dari mana, tiba-tiba ada group yang invite. Grup inilah-itulah-dll.

Hmmm.. Sepertinya sudah saatnya. Saya mesti keluar! Mengurangi forum-forum (group) yang membuat saya sulit beranjak.


Menjelang Jum'atan
11/01/2013

0 comments:

Post a Comment